Cara Buat Form Kontak WordPress dengan Contact Form 7

Form kontak pada website memiliki manfaat cukup besar bagi website Anda. Dengan form kontak akan  memudahkan pengunjung menghubungi Anda langsung melalui website. Cara paling mudah membuat form kontak WordPress adalah dengan menggunakan plugin. Ada banyak plugin yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah Contact Form 7.

Langkah Pertama : Install Plugin Contact Form 7
  1.  Login ke halaman  dashboard admin WordPress kemudian klik menu Plugins > Add new. 
  2. Silakan ketik Contact form 7 para search bar atau kolom pencarian di kanan atas, kemudian klik tombol Install Now.
  3.  Setelah proses instalasi selesai, kemudian tekan tombol Activate untuk mengaktifkan plugin
Langkah Kedua : Pengaturan Plugin

Setelah plugin aktif, maka akan muncul menu Contact di sebelah kiri

  1. Silahkan pilih menu Contact > Add New untuk membuat form kontak baru.
  2. Tambahkan judul untuk form  kontak Anda, misalnya WordPress Contact Form.Beberapa label sudah terisi secara default dalam pembuatan form kontak. Anda dapat menghapus atau menambahkan label serta form input dengan memilihnya pada bagian atas area teks
Langkah Ketiga : Tetapkan Format Email pada Form

Jika pengunjung mengirimkan pesan melalui form kontak, secara otomatis Anda akan menerima email yang berisi nama, detail kontak, serta body dari email Anda. Anda dapat melakukan pengaturan email melalui tab Mail.

CATATAN – Pastikan Anda memasukkan alamat email aktif pada form To. Ini adalah email untuk menerima pesan melalui form kontak Anda.

Langkah Keempat : Mengatur Respon pada Form Kontak

Pada bagian tab Messages, Anda dapat mengatur pesan yang akan tampil ketika pengunjung website Anda mengirimkan pesan baik notifikasi pesan telah terkirim maupun notifikasi bahwa pesan tidak berhasil terkirim.  Dicontoh kali ini saya mengubahnya menggunakan bahasa Indonesia

Baca Juga:  Cara Mengubah Password WordPress Melalui phpMyAdmin
Langkah Kelima : Simpan dan Pasang Form Kontak

Setelah selesai melakukan pengaturan, silahkan simpan dengan menekan tombol Save maka secara otomatis akan muncul shortcode yang terlihat di bagian atas, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Untuk menerbitkan form kontak, Anda dapat memasangkan di halaman maupun di pos website Anda, Untuk contoh disini kita akan memasangkan di sebuah halaman dan paste kan shortcode tadi ke dalam content halaman ini.

Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Langkah Keenam : Tes Form Kontak

Untuk  memastikan apakah form kontak yang kita buat sudah berjalan dengan baik, maka Anda harus melakukan pengetesan bahwa Anda menerima pesan melalui email atau tidak ketika pengunjung mengirimkan pesan kepada Anda melalui form tersebut.  Apabila pesan telah berhasil terkirim, maka akan muncul notifikasi seperti yang sudah kita atur sebelumnya

Sekian tutorial dari kami Semoga bermanfaat…