Cara Membuat Tabel di WordPress dengan TablePress

WordPress memang tidak menyediakan fitur bawaan untuk menampilkan tabel pada postingan website ANda. Namun WordPress menyediakan plugin khusus bernama TablePress. Plugin ini akan memudahkan Anda dalam menampilkan data pada sebuah tabel tanpa sedikitpun mengetahui ilmu pemrograman. Sampai saat ini plugin masih banyak digunakan dalam berbagai kalangan.

Fitur yang disediakan oleh Tablepress

  1. Lebih dari satu format file import: Anda tidak hanya dapat membuat tabel, tapi juga dapat melakukan import data dengan berbagai format file seperti Excel, CSV, HTML dan file JSON.
  2. Export tabel: Jika Anda sudah membuat tabel, Anda dapat dengan mudah melakukan export file ke dalam format CSV, HTML, atau JSON.
  3. Ekstensi untuk menambahkan fitur: Anda dapat menambahkan ekstensi yang tersedia jika ingin melakukan modifikasi pada tabel.

Bagaimana Cara Membuat Tabel di WordPress dengan TablePress

Langkah Pertama : Install Plugin Tablepress

Silahkan login ke halaman Dashboard dengan memasukkan username dan password wordpress Anda

Silahkan masuk kehalaman dashboard kemudian pilih menu Plugin > Add New.

Kemudian pada kolom pencarian isi dengan keyword pencarian “TablePress”dan pilih plugin seperti gambar dibawah ini lalu pilih Instal Now kemudian klik Activate.

Langkah Kedua : Memasukkan Data pada Tabel

Setelah berhasil Install dan mengaktifkan plugin, Silakan pilih menu TablePress > Add New Table yang ada di bagian kiri dashboard WordPress Anda.

Kemudian masukkan data berupa nama tabel, deskripsi, jumlah baris dan kolom, kemudian klik Add Table. seperti tampilan dibawah ini

Baca Juga:  Cara Mengetahui Tema Wordpress Orang Lain

Silakan masukkan data ke dalam tabel yang Anda buat pada bagian kolom Table Content. Di bagian kanan atas Anda akan melihat shortcode yang nantinya dapat Anda copy paste pada postingan untuk menampilkan tabel yang Anda buat kemudian Save Changes.

Langkah Ketiga : Memasang tabel pada Post atau Halaman website Anda

Setelah selesai membuat tabel, selanjutnya Anda perlu memasukkan tabel pada postingan atau halaman website Anda. Ada dua pilihan yang bisa Anda gunakan di sini. Pilihan pertama adalah dengan copy paste shortcode ke dalam post atau halaman Anda,pilihan kedua dengan menggunakan icon Insert a Table from TablePress, seperti tampilan dibawah ini kemudian klik Publish

Berikut ini adalah tampilan tabel setelah postingan Anda diterbitkan atau di publish.

Kesimpulan

Berdasarkan artikel diatas dapat disimpulkan bahwa tablepress merupakan plugin yang sangat berguna bagi pengguna terutama dalam pembuatan tampilan website berupa tabel. Selain mudah dalam penggunaanya tablepress juga termasuk kategori plugin yang open source yaitu pengguna bebas menginstall tanpa perlu dikenakan biaya. Demikian tutorial bagaimana cara membuat tabel menggunakan tablepress.

Selesai, Semoga Bermanfaat…