Cara Mengatasi Error Upload Max Filesize

Pernahkah kalian pernah menemui masalah saat kalian upload file entah itu dokumen, gambar maupun video ? Atau bahkan muncul error tertentu yang biasanya berhubungan dengan batas maksimal ukuran file upload pada website kalian. Sekarang kalian tidak perlu bingung lagi, karena Sanita sudah tahu cara mengatasi error upload max filesize. Langsung saja kita bahas. Pertama-tama kita harus tahu dulu apa itu error upload max filesize.

Apa itu Error Upload Max File Size

Sebagai informasi saja bahwa didalam server hosting cpanel Anda terdapat pengaturan PHP yang didalamnya Anda dapat mengatur aktifitas PHP didalam hosting cPanel Anda, salah satunya yaitu batas ukuran upload file atau konten pada website.

Upload_max_filesize pada pesan error diatas merupakan PHP settings yang mengatur batasan ukuran upload file.

Yang mana pada dasarnya semua pengaturan ini dapat kita atur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Agar memudahkan kita dalam mengupload file atau dokumen ke dalam website.

Cara Mengatasi Error Upload Max Filesize

Cara mengatasi error upload max filesize dapat di lakukan didalam cPanel hosting kita melalui menu Select PHP Version seperti berikut ini, yuk kita simak bersama-sama!

Langkah 1 : Masuk ke cPanel Hosting

Sebelum Anda mulai mengatur tentang PHP Version. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke cPanel hosting Anda dengan url https://namadomain/cpanel. Seperti tampilan dibawah ini

Login cPanel

Langkah 2 : Cari Menu PHP Version

Setelah Anda berhasil login, Anda dapat ketik pada pencarian “select php version” kemudian klik menu seperti tampilan dibawah ini.

Baca Juga:  Cara Membuat Database MySQL di cPanel

Langkah 3 : Pilih Switch To PHP Options

Selanjutnya Anda akan berada pada tampilan menu PHP Selector, Silahkan Anda klik Switch to PHP Options di pojok kanan atas seperti gambar dibawah ini.

Switch to PHP Options

Langkah 4 : Pilih Opsi upload_max_filesize

Setelah itu, Anda akan dialihkan pada tampilan seperti dibawah, Silahkan Anda pilih upload_max_filesize kemudia Anda dapat merubah ukuran default nya yang awalnya 2MB Anda dapat merubahnya menjadi 32, 64, 128 .. sampai dengan batas maksimal 1GB. Setelah itu klik Apply

Langkah 5 : Klik Tombol Save

Langkah terakhir, Anda jangan lupa klik tombol Save untuk menyimpan hasil perubahan Anda pada menu PHP Selector ini. Setelah Anda Save, Anda dapat mencoba kembali mengupload file dengan ukuran sesuai dengan pengaturan Anda pada PHP selector, dijamin sudah tidak akan muncul error seperti ini lagi “The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini.”.

Kesimpulan

Setelah Anda menyelesaikan tutorial ini, Anda telah belajar bagaimana cara mengatasi error upload max filesize dan Anda juga dapat menambah kapasitas ukuran dalam meng-upload file yang lebih besar untuk seterusnya sesuai dengan pengaturan Anda.

Semoga Bermanfaat…