Pantun Lucu yang bikin ngakak banget

Pantun lucu merupakan salah satu jenis pantun yang paling sering digunakan orang. Selain memberikan rasa bahagia karena mengandung canda dan tawa yang bahagia pantun lucu juga selalu enak di dengar  Dan sangat gampang untuk dipahami.

Pantun jenis biasanya menyampaikan sesuatu pesan yang lucu dan juga menggembirakan oleh karena itu pantun lucu ini kerap digunakan dalam segala suasana yang bertujuan untuk hiburan dan refreshing otak.

Pantun adalah ?

Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal dalam bahasa-bahasa Nusantara. Pantun berasal dari kata patuntun dalam bahasa Minangkabau yang berarti “penuntun”. Pantun memiliki nama lain dalam bahasa-bahasa daerah: dalam bahasa Jawa, pantun dikenal dengan paparikan; dalam bahasa Sunda, pantun disebut paparikan; dan dalam bahasa Batak, pantun dikenal dengan sebutan umpasa. Biasanya, pantun terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), tiap larik terdiri atas 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b[1] ataupun a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b atau a-b-b-a). P Ciri lain dari sebuah pantun adalah pantun tidak memberi nama penggubahnya. Hal ini dikarenakan penyebaran pantun dilakukan secara lisan.

Struktur Pantun

Pantun memiliki dua struktur utama, yaitu sampiran dan isi. Sampiran adalah 2 larik ata baris yang berisikan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sedangkan dua larik terakhir kita kenal dengan isi, yaitu berupa pesan-pesan yang akan disampaikan pada pantun tersebut.

Jenis-jenis Pantun

1. Pantun Jenaka

pantun jenaka merupakan sebuah pantun yang diciptakan sebagai sara hiburan.

Baca Juga:  10 Tips Sepele Tapi Penting dalam kehidupan sehari-hari

contohnya

Buah semangka buah manggis, 
gak nyangka gue manis.
Ada gula, ada semut,
iihh gila, gue imut!!! 

2. Pantun Adat

Pantun yang berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan adat budaya daerah.

contohnya

Lebat daun bunga tanjung
Berbau harum bunga cempaka
Adat dijaga pusaka dijunjung
Baru terpelihara adat pusaka

3. Pantun Agama

Pantun yang berisi tentang pesan keagamaan khususnya kepada Tuhan yang maha Esa.

contohnya

Hanyalah padi satu-satunya
Yang bisa jadi sepiring nasi
Hanyalah Dia satu-satunya
Yang harus selalu kita imani

4. Pantun Kepahlawanan

Pantun yang berisi tentang sejarah , kisah maupun tokoh para pahlawan terdahulu.

contohnya

Anak Burung elang belajar terbang
Terbang menjelajahi lautan
Jangan berlagak gagah yang garang
Kalau tidak berani menjadi yang terdepan

5. Pantun Peribahasa

Pantung yang berisi tentang makna-makna peribahasa

contohnya

Tanjung perak di Surabaya
 Naik kapal ke Bukit Tinggi
 Kalau aku jadi orang kaya
 Banyak amal dan rendah hati

Kumpulan Pantun Lucu

1. Pantun Lucu Untuk Menggombal

bawa plastik kresek dihari senin
cuacaya hujan dan sangat dingin
jangan diluar banyak angin
hai kamu walau pesek tapi selalu ngangenin

Kalau pergi ke negeri Arab
Belikan saya sebuah kitab
Perempuan masa kini gak bisa diharap
Bodi bolehlah tapi betis hemm berkurap

Ketemu angkatan bawa senjata
Angkatan bernama abang poltak
Si adik manis memang cantik jelita
Tapi sayang ketawanya kok seperti kuntilanak

Buat jus si buah naga
Kasih susu cap bendera diatasnya
Hati hati pri pria yang hobi menggoda
Karena biasanya mereka itu dari spesies buaya

2. Pantun Lucu Untuk Mantan

Jalan jalan ke Maluku
Ketemu kenalan namanya gita
Kasihan amat lihat mantanku
Udahlah penyakitan gak laku pula

Pergi wisata ke kota solo
Singgah sebentar di kota bantul
Sungguh malang nasib si jomblo
Setiap malam hanya memeluk dengkul

Jalan jalan ke Maluku
Ketemu kenalan namanya gita
Kasihan amat lihat mantanku
Udahlah penyakitan gak laku pula

Kalau hendak berlayar sampai ketepian
Hari ni cuacanya berawan
Paling gak enak hidup sendirian
Saran gue cepat nikahan

Hendak mencari daun bidara
Bu memasak sambal ikan lida
Maksud hati nak pinang anaknya
Nasib tak baik dapat mamaknya

jika hendak menyebrang ke tengah pulau
selalu berdoa jika kapal terbawa angin
jangan dikenang yang jauh dirantau
siapa tau dia dah bekawin

3. Pantun Lucu untuk anak-anak

jika mencari si daun lontar
membeli kecap cap bango
udah bego sok pintar
kalau ditanya plonga plongo

Sikancil bintang cerdik tidak pernah kalah
Sudah bijak selalu juara
Pantun lucu buat ketawa
Untuk anak indonesia tercinta

Jual jamu di hulu
Ketemu dengan si upin
Idih kamu gak  tau malu
Dah besar makan masih disuapin

sungguh enak martabak manis
apalagi topingnya chese
kalau ketemu preman bilang peace
kalau ditonjok jangan nangis

jangan tergoda kelap kelip diskotik
terbawa musik semakin asyik
jika ingin menjadi kelincik yang cerdik
jangan hanya makan keripik

Di pagi hari ikut senam
Jika telah malam bacalah dongeng
Ih malu dah kelas enam
Udah besar tapi masih cengeng
 

4. Pantun Lucu untuk teman

Jangan bermain di pinggir empang
Nanti jatuh nyemplung ke empang
Bagaimana hatimu tak bimbang
Kepala botak kok minta di kepang

Istirahat dirumah sambil golek golek
Rambut panjang dipotong pendek
Sesama orang jelek
Dilarang saling mengejek

Pergi ke bengkulu naik kereta api
Ada cewek cantik jual kue lapis
Malam minggu Cuma bisa nonton tv
Mau jalan apa daya dompet menipis

jalan jalan ke kota metropolitan
singgah sebentar ke kota pahlawan
hati hati musim hujan
eh coba lihat kaca wajah lu kayak orang huta

hujan hujan jangan minum es koteng
beli roti isinya kelapa
lo jelek keturunan siapa
udah jelek muka bupeng
 

hari libur jalan jalan ke gunung
pulangnya bawa bunga melati
kalau kita sama sama bingung
mending kita lari

jalan jalan ke jalan menteng
disana banyak jual es koteng
wajah udah pada ganteng
sayang pada mupeng

Baju baru disayang sayang
Belinya pakai uang sendiri
gua heran kenapa pada menjauh orang orang
gua baru ingat kalau gua belum mandi

Biasakan baca doa sebelum tidur
Jangan ingat orang yang telah tiada
Udah tidur nya mendengkur
Mimpi pipis ngompol di celana
 

Jalan jalan ke bandar sono
Ingin melamar putri pak karso
Men san in corporen sono
Yang ditanya begini kenapa  Jawabnya  begono apaan sih lo

5. Pantun lucu untuk keluarga

hendak wisata ke kota tua
beli ikan si ikan sepat
tak apa dapat istri tua
udah penyayang pengalaman udah didapat

Sungguh cantik si burung cenderawasih
Saling menyayang dan berkasih
Salam selalu si daun selasih
cukup sudah sampai disini sekian terimakasih

main ke pantai anginnya kenceng
pelan pelan membawa air jangan tumpah
ada pemuda berwajah ganteng
sayang seribu sayang hobinya Cuma nyampah

Punya impian bisa pergi ke Madinah
Di perjalanan dengerin lagu ariel noah
Hidup aja masih susah
Belagak jadi orang mewah

Dodol durian rasanya enak tenan
Rajin sholat tingkatkan kesadaran
Yang tampan aja punya iman
Masak muka jelek perilaku  setan

Kesimpulan

Contoh puisi diatas merupakan contoh contoh puisi yang membuat seseorang tertawa dan bahagia. Dapat dijadikan inspirasi dan dijadikan bahan untuk berbalas pantun. Semoga kumpulan pantun dapat memberikan inspirasi dan menghibur hati. Pada dasarnya pantu yang diminati semua orang adalah pantun yang bersifat lelucon atau bahan candaan yang dapat menghibur hati dan pikiran.