Tutorial Memakai Grid Pada Photoshop

Grid merupakan garis bantu pada photoshop supaya ketika proses desain, bentuk dari objek yang kita buat memiliki ukuran yang pasti dan presisi. Dalam aplikasi Photoshop grid berbentuk garis vertical dan  horizontal yang saling memotong hingga membentuk kotak – kotak. Sehingga akan memudahkan kita meletakan objek sesuai dengan tempat yang di inginkan tanpa melenceng kesana-sini.

Cara menggunakan Grid pada Photoshop adalah sebagaoi berikut:

Pertama-tama kita buat lembar kerja baru, sebagai contoh ukurannya 1000 x 1000 pixels. Tampilannya seperti gambar berikut.

Kemudian pergi ke View – Show – Grid.  Atau juga bisa juga dengan menekan ( CTRL+’) agar lebih cepat. Maka garis Grid akan muncul di lembar kerja kita. Dan untuk sekedar informasi dalam garis Grid terlihat ada garis tipis, itu dinamakan garis Subdivision. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

Grid ini bisa kita atur polanya supaya lebih membantu. Yaitu caranya pergi ke Edit – Preferences – Guides,Grids, & Sices.

Maka pengaturan untuk Grid akan muncul, nah di situ kita bisa atur sesuai keinginan. Perhatikan gambar berikut.

Terlihat ada empat pengaturan, Fungsi – fungsinya adalah sebagai berikut:

  1. Color, berfungsi untuk memberikan warna pada garis grid kita. Sebagai contoh di atas abu – abu
  2. Style, berfungsi untuk mengatur vjenis garis yang akan tampil. Sebagai contoh gambar di atas kita gunakan Lines, itu artinya kita gunakan garis utuh. Jika kita ingin mengganti jenis garisnya maka disitulah tempatnya. Misal di ganti dengan garis putus –putus atau juga ada dengan hanya titik.
  3. Gridline every, berfungsi untuk mengatur jarak antara garis grid yang akan kita gunakan. disini saya beri nilai 100 pixels. yang berari setiap garis grid akan berjarak 100 pixels.
  4. Subdivision, berfungsi untuk mengatur anak dari garis grid. pada gambar diatas saya memasukan nilai 5, maka di antara jarak garis grid kita akan tercipta 5 ruang.
Baca Juga:  Shortcut Keyboard Pada Photoshop

semoga bermanfaat  . . .